PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN PRAKTIKUM ONLINE MENGGUNAKAN SISTEM INDEXING ALGOLIA DRIVER

Main Article Content

Anton Ruchiat Khairuddin Nasution Oris Krianto Sulaiman

Abstract

Praktikum adalah subsistem dari perkuliahan yang merupakan kegiatan terstruktur, terjadwal, serta merupakan salah satu kegiatan pendukung dalam proses perkuliahan. Dalam melakukan pengelolaan kegiatan praktikum belum menerapkan sistem komputerisasi sehingga menimbulkan permasalahan seperti keterlambatan pelaksanaan praktikum, seperti jumlah mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta praktikum untuk suatu kelas bisa melebihi kapasitas ruang serta administrasi praktikum seperti dokumen presensi peserta praktikum sering terjadi kesalahan pada daftar peserta praktikum yang tertera di dokumen presensi tersebut. Dari permasalahan yang telah disebutkan maka pada penelitian ini akan dilakukan perancangan aplikasi pelayanan praktikum untuk menangani proses layanan praktikum yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang timbul. Perancangan Aplikasi Praktikum ini menggunakan Sistem Indexing Algolia Driver sebagai pencarian Full Text Search dengan memanfaatkan package laravel Scout dalam membantu membuat fitur pencarian dengan mudah tanpa harus menggunakan query pada database, seperti query where, query like dan lainnya.


Setelah perancangan aplikasi layanan praktikum selesai, maka kegiatan layanan praktikum dapat dilaksanakan secara komputerisasi sehingga proses pendaftaran peserta praktikum, jadwal praktikum, daftar presensi praktikum, serta pengelolaan nilai praktikum dapat dikelola dengan baik.


Kata Kunci: Algolia Driver; Laravel Scout; Full Text Search.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
RUCHIAT, Anton; NASUTION, Khairuddin; SULAIMAN, Oris Krianto. PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN PRAKTIKUM ONLINE MENGGUNAKAN SISTEM INDEXING ALGOLIA DRIVER. REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), [S.l.], v. 4, n. 1, oct. 2019. ISSN 2541-1330. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/10407>. Date accessed: 13 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33395/remik.v4i1.10407.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 0 times ****************

References

[1] Y. Yudhanto dan H. A. Prasetyo, Panduan Mudah Belajar Framework Laravel, Jakarta: PT Elex Media Komputindo , 2018.
[2] M. Azamuddin, Laravel The Framework For Web Artisan, Jakarta, 2018.
[3] Algolia, “What is Algolia,” 23 Agustus 2019. [Online]. Available: https://www.algolia.com/doc/guides/getting-started/what-is-algolia/.