Penerapan Metode Prototyping Dalam Mengembangkan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Karakter 2 Dimensi (Studi Kasus Pada TK Hangtuah II)

Authors

  • Syarifah Fadillah Rezky Politeknik Ganesha Medan
  • Hoga Saragih STMIK Eresha

DOI:

10.33395/remik.v1i1.10619

Keywords:

Multimedia Pembelajaran, Prototyping, Anak Usia Dini

Abstract

Selama ini matematika termasuk pelajaran yang memiliki tingkat peminatan yang sedikit untuk usia anak 4-6 tahun, karena dianggap sukar dan Dalam proses pembelajaran matematika di sekolah terdapat beberapa permasalahan. Terkait dengan karakteristik matematika, objeknya yang abstrak, konsep dan prinsipnya berjenjang, dan prosedur pengerjaannya yang memanipulasi bentuk – bentuk membuat anak sering mengalami kesulitan.

Aplikasi Multimedia pembelajaran adalah aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali. Metode Prototyping merupakan salah satu metode siklus hidup sistem yang didasarkan pada konsep model bekerja (working model). Tujuannya adalah mengembangkan model menjadi sistem final. Artinya sistem akan dikembangkan lebih cepat daripada metode tradisional dan biayanya menjadi lebih rendah. Protoyping membantu dalam menemukan kebutuhan di tahap awal pengembangan, selain itu prototyping juga berguna sebagai alat untuk mendesain dan memperbaiki user interface, dimana sistem akan terlihat oleh orang-orang yang menggunakannya.

Hasil dari Multimedia Pembelajaran matematika ini membantu guru dalam menciptakan metode pembelajaran yang interaktif. Menciptakan suasana dunia belajar yang menarik dan menyenangkan khususnya pelajaran matematika dan memotivasi anak untuk konsentrasi dalam belajar matematika dasar.

GS Cited Analysis

References

Sembiring, Riady Niko. “Penerapan Metode Computer AIDED Intruction (CAI) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (SMA Katolik Trisakti Medan) Pelita Informatika Budi Darma”, Volume : VIII, Nomor: 3, Desember 2014, ISSN : 2301-9425.

Putra, Ilham.“Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi interaktif”, Jurnal TEKNOIF, Vol.1, No.2, Edisi Oktober 2013.

Pressman, Roger S., Phd. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta : Penerbit Andi.
Suheri, Agus. “Animasi Multimedia Pembelajaran”. Jurnal Teknik Informatika Volume 2 Nomor 1 2006.


Idris, Husni. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer” Jurnal IQRA Volume 5 Januari – Juni 2008.

(http://aniatih.blogspot.co.id/2013/03/kedudukan-media-pembelajaran-dan sumber.html)
http://statistikapendidikan.com

Downloads

How to Cite

Rezky, S. F., & Saragih, H. (2020). Penerapan Metode Prototyping Dalam Mengembangkan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Karakter 2 Dimensi (Studi Kasus Pada TK Hangtuah II). REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 1(1), 26-29. https://doi.org/10.33395/remik.v1i1.10619