Analisis Pengaruh Kualitas Website Admin PMB BSI-Group Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0

Authors

  • Rino Ramadan 089603216336

DOI:

10.33395/remik.v5i1.10629

Keywords:

kepuasan, webqual, website, adjusted r square, coefficients, regression

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan hal terpenting yang menjadi tolak ukur
bagi perusahaan. Universitas Bina Sarana Informatika khususnya unit sistem informasi
divisi informasi publik ingin meningkatkan kualitas pengelola website PMB-BSI
Group yang sudah ada agar pengguna lebih puas dan banyak melakukan kegiatan
pengelolaan data melalui website pmb.bsi.ac.id / pmb-adm, namun selama ini mereka
belum mengetahui kekurangan dari website pmb.bsi.ac.id/pmb-adm, sehingga perlu
dilakukan evaluasi untuk mengetahui kualitas website dan tingkat kepuasan pengguna.
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi hubungan kepuasan pengguna dengan
dimensi Webqual 4.0. Kualitas website secara keseluruhan pmb.bsi.ac.id/pmb-adm
berdasarkan nilai R2 (Adjusted R Square) memberikan kontribusi 47,4% terhadap
kepuasan pengguna. Kualitas interaksi dan kualitas informasi memberikan kontribusi
yang signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 0,250 dan 0,126 berdasarkan
tabel koefisien regresi keluaran. Kualitas kegunaan memberikan pengaruh tetapi tidak
signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 0,041 berdasarkan tabel koefisien
regresi keluaran.

References

Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017).
Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap
Kepuasan Pengguna Website Politeknik
Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro Dan
Telekomunikasi Terapan, 4(1), 477.
https://doi.org/10.25124/jett.v4i1.994
Pamungkas, R., & Saifullah, S. (2019). Evaluasi
Kualitas Website Program Studi Sistem
Informasi Universitas PGRI Madiun
Menggunakan Webqual 4.0. INTENSIF:
Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan
Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 22.
https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12137
Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas
Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Website e-commerce
Traveloka. Sentika, 2016(Sentika), 18–19.
Setiyorini, A. (2018). Analisa Pengukuran Kualitas
Layanan Website Fakultas Teknik, (May)

Downloads

Publication History:

Submitted Sep 13, 2020
Published Oct 1, 2020
Last Modified Oct 1, 2020