Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Menggunakan Metode Saw Berbasis Web (Studi Kasus Politeknik Ganesha)

25-34

Authors

  • Satria Amal Politeknik Ganesha

Keywords:

Simpel Additive Weighting (SAW), Dosen, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Abstract: Pemilihan dosen terbaik adalah pemberian pengakuan kepada dosen yang melakukan kegiatan tridharma perguruan tiggi yang hasilnya dapat dibanggakan dan bermanfaat bagi kemajuan peningkatan kualitas akademik dan kelembagaan. Lembaga pendidikan khususnya Politeknik Ganesha Medan setiap tahunnya melakukan pemilihan dosen terbaik dengan melakukan penilaian dengan cara menebar angket kepada mahasiswa nya. Namun proses penilaian tersebut masih dilakukan secara manual sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan pengolahan data. Selain itu penilaian masih belum relevan dengan keadaan yang sebenarnya karena hanya menggunakan satu kriteria penilaian yaitu penilaian angket mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut pada penelitian ini dabangun sebuah perancangan sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk melakukan proses seleksi pemilihan dosen terbaik di Politeknik Ganesha Medan. Sistem pendukung keputusan yang dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode pengambilan keputusan yang digunakan yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini digunakan untuk melakukan proses perangkingan untuk alternatif terbaik dari sejumlah alternatif.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Amal, S. (2021). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Menggunakan Metode Saw Berbasis Web (Studi Kasus Politeknik Ganesha): 25-34. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 2(1). Retrieved from https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/10859