Aplikasi E-Commerce Penjualan Oleh-Oleh Khas Tanjung Balai Menggunakan Konsep B2C
DOI:
10.33395/remik.v6i3.11556Keywords:
Aplikasi, E-Commerce, Konsep B2C, Penjualan Oleh-Oleh Khas Tanjung Balai, WebAbstract
Oleh-oleh makanan khas Kota Tanjung balai memiliki ciri tersendiri karena daerahnya yang dekat pantai menjadikan kotaTanjung balai merupakan kota yang memiliki beraneka makanan oleh-oleh khas Tanjung balai seperti kerupuk ikan, kripi kudang, dodol rumput laut, kipang mie dan lain sebagainya. Namun masalah muncul seiring perkembangan zaman banyak masyarakat luar yang kurang mengetahui oleh-oleh khas Tanjung balai karena proses penjualannya masih bersifat konvensional dimana pembeli berhubungan langsung dengan datang ke toko tersebut. Dengan demikian pembeli membutuhkan biaya yang lebih besar dan waktu yang cukup lama untuk membeli oleh-oleh yang diinginkan, selain itu pembeli kurang mendapatkan informasi tentang aneka olahan oleh-oleh khas Kota Tanjung balai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan penjualan bagi para pelaku usaha bagi para penjual oleh-oleh khas tanjung balai dengan konsep Business To Customer (B2C).Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data jenis dan harga dari setiap produk. Berdasarkan analisis terhadap proses penjualan oleh-oleh yang secara online terdapat lebih dari 10 produk yang terjual setiap harinya.Hasil dari pengujian aplikasi ini memberikan manfaat bagi warga yang menjual oleh-oleh khas Kota Tanjung Balai.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Azrai Sirait, Dicky Apdilah, Indah Kusuma Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.