Peran Robotic Process Automation pada Sistem Customer Relationship Management

Authors

  • Chandra Ardiansyah Universitas Islam Indonesia
  • Hanson Prihantoro Putro

DOI:

10.33395/remik.v6i3.11588

Keywords:

Blasting WhatsApp, Customer Relationship Management, Robotic Process Automation, UiPath, WhatsApp Development

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat para perusahaan memiliki tantangan untuk dapat memberikan pelayanan kepada pelanggannya. Pemberian layanan harus dilakukan secara online, hal ini dilakukan untuk menghindari penularan yang bisa terjadi di kantor. Pelayanan perlu diberikan kepada para pelanggan untuk menciptakan hubungan yang baik sebelum maupun sesudah transaksi. Pelayanan berupa pemberian promosi terkait penawaran terbaik dari perusahaan untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Untuk dapat mengirimkan promosi perlu adanya sistem yang dapat mengirimkan pesan secara cepat dan mengirimkannya ke semua pelanggan, sehingga untuk mengefisiensi dan mempercepat waktu pengirim perlunya robot untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk dapat mengimplementasi sebuah robot pada sebuah sistem pengelolaan antara pelanggan dengan perusahaan. Metode yang digunakan pada pekerjaan ini yaitu Robotic Process Automation (RPA) merupakan teknologi yang membuat sebuah perangkat lunak dapat melakukan proses bisnis secara efisien dan cepat yang menggunakan robot. Sehingga proses pengiriman promosi dapat mengurangi kesalahan pekerja dalam melakukan pekerjaan ini. Proses pengembangan ini menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) sebagai sistem untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Blasting WhatsApp adalah sistem yang dapat mengirimkan pesan secara otomatis dan cepat menggunakan teknologi RPA. Pembuatan RPA ini menggunakan teknologi UiPath sebagai platform pembuatan proses automasi. Dengan adanya WhatsApp Development yang tersedia yaitu extensions pada browser memudahkan pembuatan Blasting WA menjadi lebih mudah karena memiliki fitur yang tersedia untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan baru. Hasil dari pekerjaan ini menghasilkan sistem yang dapat membantu karyawan untuk mengirim pesan kepada banyak pelanggan menggunakan sebuah robot.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Chandra Ardiansyah, & Hanson Prihantoro Putro. (2022). Peran Robotic Process Automation pada Sistem Customer Relationship Management . REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(3), 455-464. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11588