Penilaian Aspek Keaktifan Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode ORESTE

Authors

  • I Gede Iwan Sudipa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia https://orcid.org/0000-0002-4278-9068
  • Pandu Adi Cakranegara Universitas President
  • Mustika Wati Alfia Ningtyas Universitas Airlangga
  • Efendi Efendi Universitas Andalas
  • Ahmad Jurnaidi Wahidin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

10.33395/remik.v6i3.11628

Keywords:

Prestasi Belajar, Keakfitan Mahasiswa, Multi Kriteria, Metode ORESTE, Besson Rank

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur maksimal yang telah dicapai peserta didik dalam melakukan proses belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah keaktifan belajar. Keaktifan belajar mahasiswa ditunjukkan dengan penilaian yang dilakukan dosen pada proses belajar mengajar berlangsung. Terdapat penilaian keaktifan mahasiswa yang didasarkan pada setiap kemampuan individual mahasiswa, setiap dosen pengajar memiliki kriteria masing-masing dalam menentukan nilai keaktifan setiap mahasiswa yang diajar di setiap mata kuliah. Kriteria ini sangat menentukan dalam penentuan keputusan khususnya dalam pemberian nilai keaktifan mahasiswa. Tentu bukan hal yang mudah untuk membuat suatu standar multi kriteria dalam penentuan keputusan. Pada penelitian ini mengusulkan rancangan model penentuan keputusan multi kriteria dalam penilaian keaktifan mahasiswa dengan model hirarki keputusan. Penentuan atribut penilaian pada setiap kriteria dengan skoring nilai 0-100. Metode pendukung keputusan yang digunakan yaitu metode ORESTE dengan teknik pengurutan alternatif berdasarkan kriteria sesuai dengan tingkat kepentingan setiap kriteria serta penggunaan Besson-Rank dalam membuat skala prioritas dari setiap indikator kriteria. Dari hasil perhitungan terhadap 5 alternatif mahasiswa diperoleh  nilai distance score sebesar 11,706149 untuk alternatif terbaik dengan pengurutan nilai dari nilai terkecil  ke terbesar.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Sudipa, I. G. I., Cakranegara, P. A. ., Ningtyas, M. W. A. ., Efendi, E., & Wahidin, A. J. . (2022). Penilaian Aspek Keaktifan Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode ORESTE . REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(3), 436-447. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11628