Rekomendasi Perbaikan Website E-Makaryo Berdasarkan Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Fadhila Indryani IT Telkom Purwokerto
  • Irwan Susanto
  • Dwi Mustika Kusumawardani

DOI:

10.33395/remik.v6i3.11629

Keywords:

Bursa Kerja, E-Makaryo, EUCS, Kepuasan Penggguna, Website

Abstract

Tahun 2019 dinas tenaga kerja dan transmigrasi Provinsi Jawa Tengah merilis sistem bursa kerja online bernama E-Makaryo. E-Makaryo memiliki tujuan yaitu mempertemukan masyarakat pencari kerja dengan penyedia lapangan pekerjaan yang telah terintegrasi dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) di Provinsi Jawa Tengah. Kepuasan pengguna dari sistem dapat melihat kelebihan dan kekurangan sistem yang telah diterapkan serta menjadi sebuah acuan dalam proses pengembangan sistem selanjutnya. Pada penelitian sistem E-Makaryo sebelumnya memperoleh hasil bahwa pengguna sistem kurang tertaik pada E-Makaryo karena konten yang tersedia kurang menarik, sehingga diperlukan analisis kepuasan pengguna E-Makaryo untuk dilakukan pengembangan sistem. Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) memliki kelebihan yaitu lebih menekankan kepuasan kepada pengguna akhir dari sistem. Hasil penelitian diperoleh index kepuasan pengguna pada dimensi content 82%, dimensi accuracy 80%, dimensi format 83%, dimensi ease of use 86%, dan dimensi timeliness 82%. Rekomendasi perbaikan yang perlu dilakukan pada sistem E-Makaryo yaitu dengan memperbaiki kesalahan error dan bug yang terjadi pada sistem sehingga dapat mengurangi tingkat terjainya error dan bug.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Fadhila Indryani, Susanto, I., & Kusumawardani, D. M. (2022). Rekomendasi Perbaikan Website E-Makaryo Berdasarkan Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(3), 465-474. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11629