Implementasi Scrum dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Siswa

Authors

  • Wiwit Supriyanti Politeknik Indonusa Surakarta
  • Dyah Ayu Pertiwi Politeknik Indonusa Surakarta

DOI:

10.33395/remik.v6i3.11732

Keywords:

sistem informasi, pengelolaan nilai siswa, scrum

Abstract

Nilai merupakan salah satu bagian penting di sekolah sebagai hasil belajar siswa selama menempuh pendidikan, sehingga dalam proses pengelolaannya harus dilakukan dengan cermat dan teliti. MI Baitussalam Mojolaban merupakan sekolah dasar yang belum memiliki sistem manajemen nilai yang baik. Seluruh proses pengelolaan masih dilakukan secara konvensional berdasarkan kerangka penilaian yang disediakan. Semua hal yang berkaitan dengan pencatatan nilai dilakukan oleh wali kelas dengan data yang diperoleh dari guru masing-masing mata pelajaran. Prosesnya dianggap memiliki banyak kekurangan karena cukup rumit dan melihat dari jumlah siswa yang banyak dan kurangnya guru sering mengakibatkan hasil yang kurang teliti, dokumen hilang, dokumen menumpuk juga banyak dan membutuhkan waktu yang lama.

Tujuan dari sistem ini adalah untuk memudahkan guru dalam proses pengolahan nilai, dan memantau pengajaran jadwal, sedangkan untuk admin mudah untuk mengelola data siswa, mengelola data guru, mengelola nilai menjadi rapor, dan membuat jadwal mengajar. Metode penelitian yang dilakukan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi literatur, sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan model scrum yang terdiri dari product backlog, sprint planning, daily scrum meeting, sprint review, dan sprint retrospectives.

Hasil yang diperoleh adalah sistem manajemen nilai berbasis website yang dapat diakses oleh admin dan guru. Guru dapat mengolah nilai siswa dan melihat jadwal mengajar, sedangkan admin dapat mengelola data dan nilai siswa menjadi rapor untuk diakses dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan jaringan internet.

 

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Wiwit Supriyanti, & Pertiwi , D. A. . (2022). Implementasi Scrum dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Siswa. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(3), 547-560. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11732