Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada SMP Negeri 2 Bulakamba dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Authors

  • Muhammad Miftakhul Rozak Universitas Nusa Mandiri
  • Agus Yulianto Agus

DOI:

10.33395/remik.v6i4.11791

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Siswa Berprestasi

Abstract

Setiap tahunnya lembaga pendidikan berupaya untuk meningkatkan mutu, dan mampu mencetak generasi yang cerdas dan berakhlak. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud sekolah berfungsi sebagai lembaga pendidikan mengembangkan berbagai sistem pembinaan untuk memotivasi dan membantu perkembangan potensi siswa-siswi. Salah satu kegiatan untuk pengembangan potensi setiap siswa yaitu melalui pemilihan siswa berprestasi.

SMPN 2 Bulakamba adalah Sekolah Menengah Pertama (SMPNegeri yang berlokasi di Propinsi Jawa Tengah Kabupaten Kab. Brebes dengan alamat Jl. Raya Bulakamba. Dalam menjalankan kegiatannya, SMP Negeri 2 Bulakamba berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sekolah ini ingin memberikan predikat kepada siswa berprestasi yang memenuhi kriteria yang ada, tetapi pemilihan siswa berprestasi disini cenderung bersifat subyektif dan hanya dilihat berdasarkan aspek akademik saja, sehingga hasil keputusankurang berkualitas dan kurang adil bagi siswa lain yang memenuhi standar kriteria. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menentukan siswa berprestasi lebih objektif lagi.

Dalam penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode AHP untuk melakukan perhitungan pada kasus tersebut. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik. Dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima predikat siswa berprestasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan mencari bobot nilai dari setiap kriteria kemudian dilakukan proses perengkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal yaitu siswa berprestasi.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Rozak, M. M. ., & Agus, A. Y. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada SMP Negeri 2 Bulakamba dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(4), 686-695. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11791