Penerapan MOODLE sebagai E-Learning di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Dharmas Indonesia)

Authors

  • Firmansyah Putra Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

10.33395/remik.v6i4.11869

Keywords:

E-Learning, MOODLE, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran yang terkadang tidak bisa dilaksanakan dengan cara tatap muka. Web e-learning dapat memberikan dampak yang baik terhadap proses pembelajaran mahasiswa, sebab mahasiswa berpeluang untuk mendapatkan materi ajar dan mengakses pembelajaran secara mudah. Salah satu manfaat dari media web e-learning adalah sebagai sarana dosen meng-unggah materi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Model 4D ini terdiri dari 4 tahap utama yaitu, Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terciptanya sebuah E-Learning berbasis web menggunakan MOODLE yang sangat praktis dan efektif berdasarkan respon Dosen dan Mahasiswa serta perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Firmansyah Putra. (2022). Penerapan MOODLE sebagai E-Learning di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Dharmas Indonesia). REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(4), 886-895. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11869