Penerapan Sistem Informasi Poliklinik pada Klinik Tjakra Jakarta

Authors

  • Putri Dina Mardika Universitas Indraprasta PGRI
  • Nilma Nilma Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

10.33395/remik.v6i4.11870

Keywords:

Klinik Kesehatan, Model Waterfall, Poliklinik, Sistem Informasi, UML

Abstract

Klinik kesehatan umumnya memiliki layanan lebih dari satu poliklinik yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Pelayanan kesehatan yang baik dengan fasilitas memuaskan, tenaga medis yang cekatan, dan juga ramah menjadikan poin utama yang dinilai oleh pasien yang berdatangan ke klinik. Untuk itu pihak klinik harus mengerti apa yang dibutuhkan oleh klinik tersebut dan apa yang diinginkan oleh pasien, agar dapat tercipta hubungan yang baik antara klinik dan pasien. Klinik Tjakra Jakarta memiliki fasilitas pelayanan poliklinik diantaranya berupa Poli Umum, Poli Gigi, dan Poli Kandungan. Pengelolaan data pada klinik ini tergolong masih konvensional, yaitu mengandalkan catatan buku besar, mulai dari mengolah data pasien, data dokter, data tenaga medis, data transaksi klinik, data obat, laporan berkala, dan data rekam medis pasien. Sehingga tak luput muncul kurang maksimalnya fasilitas yang ada di klinik ini. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan sistem informasi untuk mendukung kegiatan kerja klinik di Klinik Tjakra Jakarta. Peneliti melakukan pengumpulan data berdasarkan fakta yang ada dilapangan menggunakan teknik data kualitatif. Setelah data-data diperoleh peneliti mengembangkan untuk menjadi sistem yang terintegrasi sistem informasi menggunakan waterfall model. Hasil dari penerapan sistem informasi pada Klinik Tjakra yaitu klinik dapat memaksimalkan pelayanan terhadap pasien, dan terhindar dari kesalahan pada pengelolaan data administrasi.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Mardika, P. D., & Nilma, N. (2022). Penerapan Sistem Informasi Poliklinik pada Klinik Tjakra Jakarta. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(4), 896-908. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11870