Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.Com Menggunakan Metode User Experience Quesionnaire

Authors

  • Risa Islami Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Shofa Shofia Hilabi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Agustia Hananto Universitas Buana Perjuangan Karawang

Keywords:

Benchmark, Online Travel Agent, Tiket.com, Traveloka, User Experience, User Experience Quesionnaire

Abstract

Traveloka dan Tiket.com merupakan aplikasi Online Travel Agent (OTA) yang menyediakan layanan akomodasi dan tiket secara daring. Keduanya memiliki kesamaan yaitu dari banyaknya fitur dan jasa agent yang disediakan dalam aplikasi keduanya. Namun di sisi lain kepuasan pada user experience (UX) tidak dapat di ukur dari banyaknya fitur dan jasa agent yang tersedia pada aplikasi tersebut. Untuk itu tujuan penelitian ini ialah agar mendapatkan tolok ukur dari segi kebergunaan pada kedua aplikasi OTA tersebut dan untuk mengukur dan menilai kepuasan pengguna berdasarkan enam aspek UEQ saat menggunakan aplikasi Traveloka dan Tiket.com. Pengumpulan  data dilakukan sebagaimana dibuat dalam google formulir yang dibagikan kepada responden yang menggunakan aplikasi Traveloka dan Tiket.com,rentan usia 17 sampai dengan 30 tahun dan di dapat 180 responden. Hasil dari kuesioner UEQ menunjukan bahwa responden merasa cukup puas dengan kedua aplikasi tersebut, karena hasil rata-rata nilai yang diperoleh dari enam aspek UEQ berada dalam kategori normal yaitu pada aplikasi Traveloka mendapatkan nilai daya tarik 1.52, kejelasan 1.52, efisiensi 1.58, ketepatan 1.28, stimulasi 1.48, dan kebaruan 1.13. Sedangkan nilai rata-rata yang di dapat aplikasi Tiket.com yaitu daya tarik 1.42, kejelasan 1.38, efisiensi 1.45, ketepatan 1.24, stimulasi 1.26, dan kebaruan 0,95. Dari hasil nilai tersebut aplikasi Traveloka lebih unggul dengan terdapat satu skala yang meperoleh kategori Good dengan nilai 1.58 yaitu pada skala efisiensi.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Islami, R., Hilabi, S. S. ., & Hananto, A. . (2023). Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.Com Menggunakan Metode User Experience Quesionnaire. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 497-505. Retrieved from https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/12106