Strategi Meningkatkan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Melalui Pendekatan Entrepreneurial Marketing (Perspektif Literature Review

Authors

  • Makmur Universitas Pasir Pengaraian
  • Purwantoro Universitas Pasir Pengaraian
  • Yulfita Aini Universitas Pasir Pengaraian
  • Heffi Christya Rahayu Universitas Pasir Pengaraian
  • Romika Rahayu Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

10.33395/remik.v7i1.12112

Abstract

Badan usaha milik desa (BUMDesa) diharapkan memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di era modern, bisa menjadi pendorong kegiatan perekonomian di desa dan juga berfungsi sebagai institusi sosial dan komersial. Namun terlepas dari ekspektasi tersebut, Badan Usaha Milik Desa menghadapi beberapa kendala dan tantangan yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan kinerja usaha mereka, tidak semua BUMDesa yang telah terbentuk dapat memberikan kinerja yang memuaskan. Faktanya, dari 3900 BUMDesa yang ada, hanya sebagian kecil yang menunjukkan kinerja yang memuaskan (Sofyani, Atmaja, & Rezki, 2019). Banyak sarjana yang secara eksplisit maupun implisit berpendapat bahwa entrepreneurial marketing dapat meningkatkan kinerja, baik secara langsung maupun tidak langsung (Alqahtani & Uslay, 2018, Hill & Hultman 2006). Oleh sebab itu, tujuan dari riset ini adalah untuk menyarankan strategi yang akan membantu meningkatkan kemampuan kinerja BUMDesa melalui pendekatan entrepreneurial marketing. Pertama, penelitian ini mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh BUMDesa, selanjutnya, difokuskan pada pembahasan tentang dimensi entrepreneurial marketing yang ada di domain pemasaran dan kewirausahaan. Para peneliti telah mengidentifikasi dan menganalisis beberapa model entrepreneurial marketing di dalam berbagai macam literatur. Sebagai kesimpulan, makalah ini mengusulkan model penelitian struktural yang akan dilakukan pengujian di penemuan masa depan

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Makmur, Purwantoro, Yulfita Aini, Heffi Christya Rahayu, & Romika Rahayu. (2023). Strategi Meningkatkan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Melalui Pendekatan Entrepreneurial Marketing (Perspektif Literature Review. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 641-652. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12112