Manajemen Pengetahuan Bisnis dalam Transformasi Digital Sebagai Sinergi Internal Process Collaboration

Authors

  • Sajiwo Tri Prakoso University Aisyiyah Surakarta
  • Nur Amalina University Aisyiyah Surakarta
  • Civi Erikawati University Aisyiyah Surakarta
  • Nurul Aisah University Aisyiyah Surakarta
  • Azis Danuari University Aisyiyah Surakarta

DOI:

10.33395/remik.v7i1.12156

Keywords:

Adopsi Teknologi, Kemampuan Manajemen Usaha, Kinerja UMKM, Kolaborasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin kuat memberikan dampak positif terhadap perubahan gaya hidup bagi bisnis dan konsumen. Pentingnya memulai transformasi digital, melihat pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan daya saing UMKM. Penelitian tentang penggunaan alat pembayaran digital pada UMKM masih relatif terbatas dan manajemen pengetahuan pelanggan merupakan titik temu logis antara manajemen hubungan pelanggan dan manajemen pengetahuan. Tujuan utamanya adalah untuk menyelidiki teknologi digital yang mendukung usaha kecil dan menengah (UMKM) yang beroperasi di industri kreatif dalam strategi manajemen pengetahuan mereka. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi teknologi dan kemampuan menjalankan bisnis berpengaruh terhadap kolaborasi proses internal, karena adopsi teknologi berpengaruh terhadap kinerja UMKM, karena kemampuan menjalankan bisnis berpengaruh terhadap kinerja UMKM, mediasi: kolaborasi proses internal tidak dapat menengahi antara adopsi teknologi dan kemampuan menjalankan bisnis berpengaruh terhadap kinerja UKM.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Prakoso, S. T., Amalina, N., Erikawati, C., Aisah, N., & Danuari, A. (2023). Manajemen Pengetahuan Bisnis dalam Transformasi Digital Sebagai Sinergi Internal Process Collaboration. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 775-783. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12156