Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat: Studi Kasus di Kantor Kecamatan Cikalongwetan Bandung Barat
DOI:
10.33395/remik.v7i1.12163Keywords:
Kepuasan, Kualitas, Parsial, Pelayanan, Publik, SimultanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan signifikansi pengaruh kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan terhadap kepuasan masyarakat secara simultan dan parsial, serta mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanannya. Jenis penelitian adalah causal comparative dengan pendekatan kuantitatif dan metodenya adalah survei. Metode statistik yang digunakan adalah Statistik inferensial. Analisis data melalui uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji F dan uji t.
Hasil dari penelitian menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat secara simultan yang terdiri dari bentuk fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Pelayanan Administrasi Kependudukan dengan kontribusi yang diberikan sebesar 56,4%. Secara parsial, hasil analisis menunjukkan dimensi empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 24,4 %. Adapun empat dimensi lainnya tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat yaitu daya tanggap sebesar 19 %, keandalan sebesar 8,3 %, bentuk fisik sebesar 4 % dan Jaminan sebesar 0,6 %.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juli Riauwati, Neng Tia Dwiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.