Pemeriksaan Maturitas Manajemen Infrastruktur Bagian Pusat Data Bank XYZ Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3

Authors

  • Andi Rosano Universitas Bina Sarana Informatika
  • Djadjat Sudaradjat Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

10.33395/remik.v7i2.12191

Keywords:

supporting service, online, pusat data, ITIL framework, infrastruktur, service operation, tingkat maturitas

Abstract

Bank XYZ adalah bank swasta nasional yang beroperasi lebih dari sepuluh tahun dan melayani nasabahnya seluruh Indonesia menggunakan sistem online untuk seluruh cabang dan semua perangkat layanan elektronik bertanggung jawab melayani transaksi semua nasabah dengan tingkat akurasi dan keamanan yang tinggi. Bagian Pusat Data Bank XYZ menyediakan layanan berupa infrastruktur dan jaringan yang disini disebut supporting service, dalam rangka mendukung pelayanan transaksi finansial dan nonfinansial untuk  nasabah. Penulis  menemukan adanya masalah operasional bank yang penting yaitu belum sempurnanya kebijakan tentang manajemen layanan Teknologi Informasi sehingga mempengaruhi nilai layanan, juga kemampuan sumber daya manusia dibidang Teknologi Informasi yang masih belum memadai. Keterbatasan sumber daya dalam mengoperasikan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan manajemen mengakibatkan  Bagian Pusat Data Bank XYZ belum maksimal dalam menjaga keberlangsungan sistem operasional bank. Komitmen manajemen sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah. Untuk mengetahui kondisi pengelolaan layana nasabah ini perlu dilakukan evaluasi tingkat maturitas terhadap layanan pada infrastruktur Bagian Pusat Data. Evaluasi ini menggunakan ITIL Framework pada domain Service Operation yang hasilnya akan direkomendasikan guna meningkatkan manajemen layanan Teknologi Informasi. Pada saat proses evaluasi berlangsung penulis melakukan pengambilan data dengan studi dokumen, wawancara, dan kuesioner sehingga didapatkan analisis maturitas pada tingkat 1,79 (initial), yang artinya masih terdapat proses-proses pengelolaan  layanan infrastruktur Bagian Pusat Data Bank XYZ yang belum berjalan serta fungsi manajemen layanan belum terdefinisikan dengan jelas.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Rosano, A., & Sudaradjat, D. . (2023). Pemeriksaan Maturitas Manajemen Infrastruktur Bagian Pusat Data Bank XYZ Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 884-895. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12191