Pengaruh Nilai Konsumsi terhadap Keputusan Pembelian Virtual Goods melalui Electronic Word of Mouth (eWOM) pada PUBG Mobile di Indonesia

Authors

  • Soviyan Munawar Universitas Garut
  • Intan Setiani Universitas Garut
  • Dini Turipanam Alamanda Universitas Garut

DOI:

10.33395/remik.v7i2.12299

Keywords:

Nilai Konsumsi, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh nilai konsumsi terhadap keputusan pembelian virtual goods melalui electronic word of mouth (eWOM) pada game online PUBG Mobile di Indonesia. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 100 orang responden yang merupakan pemain PUBG Mobile aktif berusia diatas 16 tahun, pernah membeli virtual goods, serta pernah menonton YouTube terkait review virtual goods. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Partial Least-Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 4.0 yaitu mengkonstruksi diagram jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai konsumsi dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, variabel nilai konsumsi juga berpengaruh signifikan terhadap electronic word of mouth. Selain itu, variabel electronic word of mouth memediasi pengaruh nilai konsumsi terhadap keputusan pembelian.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Munawar, S., Setiani, I. ., & Alamanda, D. T. . (2023). Pengaruh Nilai Konsumsi terhadap Keputusan Pembelian Virtual Goods melalui Electronic Word of Mouth (eWOM) pada PUBG Mobile di Indonesia. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 915-925. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12299