Pengembangan Website Penjualan pada Toko Bangunan
DOI:
10.33395/remik.v7i2.12304Keywords:
E-commerce, Marketplace, Penjualan, Toko, websiteAbstract
Toko Besi Bandung merupakan usaha grosir dan eceran yang menjual alat dan bahan bangunan di Kota Medan. Dalam proses penjualan, toko masih menggunakan model konvensional dimana pelanggan harus datang ke toko untuk melakukan pembelian. Hal ini dinilai tidak efisien karena membuang waktu perjalanan dan antrian saat toko sedang ramai. Saat ini banyak toko bergabung didalam marketplace yang memberikan banyak kemudahan pada pelaku usaha. Pelaku usaha tidak perlu bingung memikirkan bagaimana sistem akan dibangun, mereka cukup memasukan deskripsi produk yang akan dijual. Disamping kemudahannya, pelaku usaha yang bergerak dalam alat berat dan bangunan memiliki kesulitan tersendiri dalam mengelola biaya pengiriman yang cukup mahal dari marketplace dibandigkan dengan ekspedisi umum dan sistem pada marketplace belum mampu menghitung biaya pengiriman dari sisi dimensi dan satuan gram. E-commerce merupakan pasar digital yang mengotomatisasikan segala transaksi dan kegiatan bisnis sehingga meminimalkan biaya serta meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Melalui website e-commerce pelanggan dapat melakukan pembelian dimana saja dan kapan saja selama terhubung ke internet. Pengembangan website merupakan solusi yang diberikan kepada toko besi bandung dimana website dikembangkan dengan menggunakan pendekatan System Development Life Cycle yang sistematis. Hasil pengembangan website memperlihatkan sistem mampu membuat proses penjualan menjadi lebih cepat dan pelanggan tidak perlu datang ke toko untuk melakukan pembelian, serta mampu menjangkau penjualan yang lebih luas
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desi Arisandy, Rudi Rudi, Hanes Hanes, Kevin Kevin, Juan Leonarco

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.