Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Promosi Pada UMKM Rujak Simpang Jodoh

Authors

  • Rosmawita Ningrum Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan
  • Robbi Rahim Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

DOI:

10.33395/remik.v7i3.12520

Keywords:

Digital Marketing, Media Sosial, Promosi, Simpang Jodoh, UMKM

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Promosi Pada UMKM Rujak Simpang Jodoh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan persoalan mengenai pemanfaatan digital marketing sebagai media promosi bagi para pedagang UMKM. Penelitian ini berfokus pada media promosi UMKM Rujak yang berada di Simpang Jodoh, Tembung, Deli Serdang, Sumatera Utara dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif  dimana hasil dari penelitiaan ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan strategi promosi pada UMKM Rujak Simpang Jodoh. Penelitian ini di lakukan secara praktis yaitu dengan menguji dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang di terapkan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Video promosi dirancang mulai dari pengumpulan data berupa informasi mengenai Rujak Simpang Jodoh. Setelah itu penulis memasuki tahap praproduksi yang meliputi penentuan konsep, plot, dan storyboard yang akan digunakan dalam perancangan video. Setelah proses pra produksi selesai, maka tahap produksi dimulai, dan langkah selanjutnya adalah pengambilan gambar (berupa film) menggunakan kamera ponsel Android dan tripod. Hal yang dilakukan selanjutnya yaitu proses pasca produksi yang meliputi editing video, editing audio backsound dan narasi. Video yang sudah melalui proses editing dapat di implementasikan sebagai bentuk konten promosi dengan memanfaatkan media sosial. Hasil dari penelitian ini adalah penulis menemukan cara yang efektif dan efesien yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM dalam mempromosikan dagangannya, yaitu dengan menggunakan media sosial. Media sosial yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tiktok, Instagram, Facebook, Snack Video dan juga Youtube Short. Media sosial ini dipilih karena mudah untuk digunakan dan tidak memerlukan biaya produksi yang mahal.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Ningrum, R., & Rahim , R. . (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Promosi Pada UMKM Rujak Simpang Jodoh. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1403-1412. https://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12520