Perancangan Aplikasi Android untuk Mengoptimalkan Proses Pesanan pada Restoran dengan Metode Prototype

Authors

  • Firdaus Laia Universitas Nias Raya

DOI:

10.33395/remik.v7i3.12761

Keywords:

Android, Pesanan, Prototype, Restoran, UML

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi Android yang dapat membantu mengoptimalkan proses pemesanan makanan dan minuman pada restoran dengan menggunakan metode prototype. Penelitian disesuaikan dengan kebutuhan restoran untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan terhadap pelanggan. Dalam penelitian ini, proses pengembangan aplikasi menggunakan model prototype, sebagai salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang sistematis dan terstruktur. Alur atau sistem  kerja  aplikasi  digambarkan dengan diagram UML, serta menggunakan firebase sebagai layanan yang dapat menyimpan dan menyinkronkan data antarpengguna secara real time. Aplikasi Android yang dikembangkan dalam penelitian ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti daftar menu, gambar dan harga menu yang tersedia, sistem pemesanan, sistem manajemen meja, dan beberapa fitur lainnya. Hasil dari penelitian berupa aplikasi Restoran yang dapat dioperasikan pada smartphone Android, serta menyajikan berbagai menu yang dapat mempermudah pelanggan dapat memesan makanan atau minuman dengan lebih cepat dan efisien, sementara restoran dapat meningkatkan efisiensi proses pemesanan dan meminimalkan kesalahan dalam pesanan.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Laia, F. (2023). Perancangan Aplikasi Android untuk Mengoptimalkan Proses Pesanan pada Restoran dengan Metode Prototype. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1482-1490. https://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12761