Peranan Digital Banking pada Kepuasan Nasabah Bank ABC Kantor Cabang Semarang

Authors

  • Andi Rosano Universitas Bina Sarana Informatika
  • Vina Islami Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

10.33395/remik.v7i4.12990

Keywords:

accessibility, efficiency, digital banking, kepuasan nasabah, reliability

Abstract

Penulis melakukan penelitian ini untuk memeriksa dan mengevaluasi seberapa besar pengaruh layanan digital banking terhadap kepuasan nasabah bank ABC Kantor Cabang Semarang. Untuk kemudahan analisa maka variabel layanan digital dinyatakan dalam reliability (X1), eficiency (X2) dan accesibility (X3). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah para nasabah bank ABC dari semua golongan masyarakat, dalam hal ini termasuk para dosen dan mahasiswa yang menjadi nasabah. Sampel yang diambil adalah sebanyak 200 orang. Sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan path analysis. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada reliability, accesibility  dan efficiency terhadap kepuasan nasabahbank ABC, baik secara simultan maupun parsial dengan besar pengaruh sebesar 58,5%.

GS Cited Analysis

Author Biography

Vina Islami, Universitas Bina Sarana Informatika

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UBSI

Downloads

How to Cite

Rosano, A., & Islami, V. (2023). Peranan Digital Banking pada Kepuasan Nasabah Bank ABC Kantor Cabang Semarang. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(4), 1788-1794. https://doi.org/10.33395/remik.v7i4.12990