Analisis Penerimaan Sistem Computer Based Test (Cbt) Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Di SMK Negeri 7 Kabupaten Tangerang
DOI:
10.33395/remik.v7i4.13093Keywords:
Computer Based Test, Sistem Computer, Technology Acceptance ModelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem CBT (Computer Based Testing) dengan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) berdasarkan 5 konstruk antara lain: Persepsi dari segi kemudahan penggunaan (PEOU), Perceived kegunaan PU), Sikap terhadap perilaku (ATB/Attitude Towards Behavior), Behavioral Intention (BI) dan Actual Usage (AU) berdasarkan (Yuliana & Suhaimah, 2019). Tingkat signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5% dengan nilai ttabel 1,96 yang didapatkan dari proses bootstrapping yang berasumsi memiliki Derajat Kebebasan (DK) sebesar 500. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Variabel Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PE), dan Attitude Toward Using (ATU) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Behavioral Intention to Use (BIU) dan Actual Use (AU) aplikasi Computer-based test (CBT) pada siswa. 2. ndepend PU memiliki koefisien determinasi sekitar 40,5%, PE sekitar 26,5%, dan ATU sekitar 41,3% terhadap BIU. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga ndepend tersebut memberikan kontribusi yang penting dalam membentuk BIU dan AU siswa terhadap aplikasi CBT. 3. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa secara keseluruhan memiliki signifikansi yang tinggi, dengan p-value kurang dari 0,05. menunjukkan bahwa model regresi secara keseluruhan dapat digunakan untuk menggambarkan hubungan antara ndepend independent (PU, PE, dan ATU) dengan ndepend dependen (BIU dan AU) dengan baik. 4. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa masing-masing ndepend ndependent memiliki signifikansi p-value yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0,05. ini menunjukkan bahwa masing-masing ndepend ndependent memiliki pengaruh yang signifikan secara individual terhadap BIU dan AU.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asep Sayfulloh, Asep Sayfulloh
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.