Implementasi Google App Script untuk Data Entry pada Master Data

Authors

  • Raihanah Luthfiyah Rosanti Universitas Merdeka Malang
  • Galandaru Swalaganata Universitas Merdeka Malang

DOI:

10.33395/remik.v8i1.13273

Keywords:

Google App Script, Model FDD, Model Waterfall, Perancangan Database, Perancangan Website

Abstract

Teknologi pengelolaan data dibutuhkan pada setiap sektor pekerjaan salah satunya pada instansi pemerintahaan. Dalam pengelolaan data ada istilah input data yang digunakan untuk memasukkan data agar menjadi sebuah informasi. Contoh penggunaa input data ada pada Master Data yang digunakan oleh Bapas Kelas 1 Malang untuk menyimpan data klien. Master data menggunakan bantuan aplikasi google sheets dengan setiap table berisikan rumus rumus yang digunakan untuk megantur kondisional pada data klien.  Karena hal itu, ketika master data dibuka terjadinya proses loading yang lama dan menganggu proses input data. Selain itu pegawai kesulitan dalam menemukan data klien berdasarkan kondisional tertentu, yakni berdasaran asal, tindak pidana, status klien, gender, tanggal pengakhiran dan pegawai.

Penelitian ini bertujuan untuk membantu pegawai bapas dengan mengimplementasi Google App Script untuk input data pada master data di Balai Pemasyarakatan kelas 1 Malang. Dengan membuat website input data menggunakan metode kualitatif dan bahasa pemrograman HTML, CSS dan JavaScript, kemudian disimpan ke dalam database yaitu google sheets. Dengan website ini pegawai dari Balai Pemasyarakatan kelas 1 Malang dapat melakukan filter data dan pencarian data terkait data klien dengan cepat.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Rosanti, R. L., & Swalaganata, G. . (2024). Implementasi Google App Script untuk Data Entry pada Master Data. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8(1), 117-129. https://doi.org/10.33395/remik.v8i1.13273