Penyelesaian Unequal Area Facility Layout Problem (UA-FLP) dengan Evolutionary Algorithm & Excel Solver (Studi Kasus: CartonPacks Instance)

Authors

  • Ekra Sanggala Universitas Logistik & Bisnis Internasional
  • Muhammad Ardhya Bisma Universitas Logistik & Bisnis Internasional
  • Gugum Gumilang Wirakanda Universitas Logistik & Bisnis Internasional

DOI:

10.33395/remik.v8i1.13279

Keywords:

Algorithm, CartonPacks Instance, Evolutionary, Excel Solver, UA-FLP

Abstract

Facility Layout Design (FLD) bertujuan menentukan susunan departemen-departemen pada sebuah layout agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Sebuah pendistribusian antar departemen yang baik dapat meningkatkan effisiensi dan menurunkan biaya sebanyak 20% hingga 50%. Berdasarkan hal tersebut maka FLD merupakan masalah yang sangat penting untuk dipertimbangkan agar dapat mengurangi biaya dan mengurangi penggunaan sumber daya. Dalam FLD terdapat berbagai jenis Facility Layout Problem (FLP). FLP merupakan salah satu bagian dari Operations Research yang fokus pada optimalisasi susunan departemen-departemen pada sebuah fasilitas. FLP termasuk NP-Hard Problem dimana jika diselesaikan dengan menggunakan exact method akan memerlukan waktu yang sangat lama. Salah satu FLP yang paling menarik, karena dapat langsung diaplikasikan pada kasus nyata adalah Unequal Area Facility Layout Problem (UA-FLP). Evolutionary Algorithm (EA) merupakan sebuah metaheuristic yang dapat diaplikasikan pada berbagai permasalahan optimasi, termasuk UA-FLP. Solver merupakan Excel Add-In untuk menyelesaikan permasalahan optimasi. Solver menggunakan tiga algoritma, yaitu LP Simplex, GRG Nonlinear dan EA. Dengan adanya kemampuan EA untuk menyelesaikan UA-FLP dan Solver yang mampu menjalankan EA, maka dapat disimpulkan bahwa penyelesaian UA-FLP dapat dilakukan dengan memanfaatkan Solver. CartonPacks Instance merupakan sebuah UA-FLP Instance yang dibuat berdasarkan kasus nyata pendirian pabrik daur ulang karton. Dengan menggunakan EA & Solver, Total Cost terkecil dari CartonPacks Instance adalah 99,902878069166 Peso.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Sanggala, E., Bisma, M. A. ., & Wirakanda, G. G. . (2024). Penyelesaian Unequal Area Facility Layout Problem (UA-FLP) dengan Evolutionary Algorithm & Excel Solver (Studi Kasus: CartonPacks Instance). REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8(1), 208-221. https://doi.org/10.33395/remik.v8i1.13279