Metode WEBQUAL 4.0 untuk Analisis Evaluasi Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta
DOI:
10.33395/remik.v8i3.13825Keywords:
Evaluasi, Webqual 4.0, Website Sistem Informasi AkademikAbstract
Sekarang, kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi memasuki semua bidang kehidupan. Adanya sistem informasi akademik di sektor pendidikan perguruan tinggi memungkinkan akses ke informasi kepada siswa, dosen, alumni, karyawan, bahkan masyarakat umum. Karena itu, evaluasi situs web sangat penting karena berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai melalui penggunaan situs web. Metode WebQual 4.0 digunakan untuk mengukur kualitas web. Metode ini dapat membantu operator memahami kelebihan dan kekurangan website mereka dan membuat saran tentang cara meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi pengguna tentang kualiatas website sistem informasi akademik di Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) di Jakarta. Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah semester 5 di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta yang berjumlah 50 orang adalah responden penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas penggunaan (Usablity Quality) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan secara keseluruhan (Overall Impression), sedangkan kualitas informasi dan interaksi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan secara keseluruhan.
Kata Kunci: Evaluasi, Webqual 4.0, Website Sistem Informasi Akademik.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zukanah Zukanah, Syaifur Rahmatullah Abdul, Asep Sayfulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.