Penerapan Metode K-Means untuk Klasterisasi Minat dan Bakat Siswa terhadap Ekstrakurikuler Sekolah

Authors

  • Muslimah Universitas Catur Insan Cendekia
  • Ridho Taufiq Subagio
  • Viar Dwi Kartika

DOI:

10.33395/remik.v8i3.14008

Keywords:

K-Means, Klasterisasi, Minat dan Bakat, Ekstrakurikuler.

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah aktivitas yang dilakukan oleh siswa diluar jam pelajaran formal yang bertujuan mengembangkan minat, bakat dan keterampilan siswa di SMPN 2 Sedong. Dari beberapa ekstrakurikuler yang terdapat pada sekolah, siswa masih ragu-ragu untuk memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat siswa sehingga dapat mengakibatkan kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode K-Means dalam mengklasterisasi minat dan bakat siswa terhadap ekstrakurikuler di SMPN 2 Sedong untuk membantu menghemat waktu dalam menyeleksi siswa berdasarkan minat dan bakatnya. Proses klasterisasi dilakukan menggunakan algoritma K-Means berdasarkan hasil kuesioner pada siswa kelas 7 tahun 2023/2024 untuk menentukan cluster berdasarkan data kuesioner masuk yang telah di-input oleh siswa serta sistem akan menghasilkan rekomendasi ekstrakurikuler. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa aplikasi yang dapat digunakan oleh pembina ekstrakurikuler di SMPN 2 Sedong dengan menggunakan metode K-Means sehingga dapat mempercepat proses seleksi berdasarkan minat dan bakatnya. Dari hasil pengujian menggunakan white box diperoleh fungsionalitas dari aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna sedangkan hasil pengujian white box pada aplikasi ini menunjukkan fitur dalam modul k-means sebagian besar fungsi code memiliki cyclomatic complexity (CC) yang rendah antara 1 hingga 3 sehingga aplikasi yang dibuat mengindikasikan risiko rendah terhadap cacat dalam kode, memastikan bahwa aplikasi yang dibuat cukup layak dan mudah dipahami, efisien dalam hal struktur dan aliran program serta mudah dipelihara.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Muslimah, Subagio, R. T., & Kartika, V. D. (2024). Penerapan Metode K-Means untuk Klasterisasi Minat dan Bakat Siswa terhadap Ekstrakurikuler Sekolah. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8(3), 882-897. https://doi.org/10.33395/remik.v8i3.14008