Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa (Digital Business) PT. Asia Mulia Tranpasifik

Authors

  • Bebi Asdilvira Politeknik LP3I Medan

DOI:

10.33395/remik.v8i3.14028

Keywords:

Bisnis Digital, Jasa, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian

Abstract

Permasalahan mengenai penurunan keputusan menggunakan jasa memiliki pengaruh dari kepuasan pelanggan dimana sebagian besar pelanggan yang pernah menggunakan jasa dari perusahaan merasa adanya rasa kurang puas terhadap jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dimana harapan pelanggan yang kurang dapat terpenuhi sehingga adanya kekecewaan yang timbul. Dengan demikian pelanggan enggan menggunakan kembali jasa dari perusahaan dan pelanggan yang selalu menggunakan jasa perusahaan memilih untuk mencoba menggunakan jasa perusahaan lainnya untuk dilakukan perbandingan dan hasilnya pelanggan lebih merasa adanya kepuasan menggunakan jasa perusahaan lain.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian melalui bisnis digital pelanggan di PT. Asia Mulia Transpasifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, jenis penelitian ini adalah data kuantitatif, data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa perusahaan selama periode 2021 sebanyak 98 pelanggan. Dikarenakan jumlah populasi yang digunakan adalah sebanyak 98, maka teknik penentuan sampel akan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh pelanggan akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dan uji statistik yaitu uji-t (parsial) dan uji-F (simultan) dengan menggunakan software SPSS (statistical package for the social sciences). Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 46,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial, variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian pelanggan di PT. Asia Mulia Transpasifik.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Asdilvira, B. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa (Digital Business) PT. Asia Mulia Tranpasifik. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8(3), 947-953. https://doi.org/10.33395/remik.v8i3.14028