Evaluasi Pengalaman Pengguna Twitch dengan Metode User Experience Questionnaire
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14317Keywords:
Aplikasi, Benchmark, Twitch, UEQ, WebsiteAbstract
Twitch merupakan platform live streaming yang dirancang untuk menampilkan berbagai konten game yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan streamer dan pemain lain melalui obrolan. Twitch menyediakan platform website dan aplikasi bagi pemain. Berdasarkan data statistik dari Semrush tahun 2023, sebanyak 66,44% pemain bermain dengan website sedangkan 33,56% bermain dengan aplikasi. Dari data ini terdapat kesenjangan yang besar antara pengguna website dengan aplikasi sehingga menarik untuk diteliti. Metode User Experience Questionnaire (UEQ) merupakan metode evaluasi yang memungkinkan pengguna untuk memberikan penilaian cepat dan komprehensif tentang pengalaman pengguna. Dengan bantuan UEQ Compare Products dapat dilakukan perbandingan hasil kedua produk dan menguji tingkat signifikan kedua produk. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap 68 responden, hasil pengujian UEQ pada aplikasi menunjukkan evaluasi yang positif pada semua skala dengan nilai mean >0,8. Hasil benchmark juga menunjukkan bahwa skala Kebaruan mendapatkan hasil dengan kategori “good”, skala Daya Tarik mendapatkan hasil dengan kategori “below average”, serta 4 skala lain yaitu Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, dan Stimulasi mendapatkan hasil dengan kategori “above average”. Untuk pengujian pada website, hasil pengujian juga menunjukkan evaluasi yang positif pada semua skala dengan nilai mean >0,8. Hasil benchmark pada skala Kebaruan mendapatkan hasil dengan kategori “good”, skala Daya Tarik dan Kejelasan mendapatkan hasil dengan kategori “below average”, sedangkan skala Efesiensi, Ketepatan, dan Stimulasi mendapatkan hasil dengan kategori “above average”. Hasil uji simple T-Test dengan tingkat alpha 0,05 menyajikan rata-rata skala Daya Tarik sebesar 0,39, Kejelasan sebesar 0,71, Efesiensi sebesar 0,57, Ketepatan sebesar 0,75, Stimulasi sebesar 0,99, dan Kebaruan sebesar 1,00. Hasil uji menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada semua skala. Berdasarkan hasil pengujian, tidak ada perbedaan yang signifikan pada kedua produk.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Arisandy, Riche Riche, Rudi Rudi, Sukaryo Sukaryo, Vincent Noris Tandean

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.