Transformasi Digital dalam E-Commerce: Live Streaming, Review Produk, dan Diskon terhadap Minat Beli Konsumen
DOI:
10.33395/remik.v9i2.14381Keywords:
Diskon, Live Streaming, Minat Beli, Review Produk, ShopeeAbstract
Dengan studi kasus pada pengguna Shopee di Kabupaten Lamongan, penelitian ini berupaya menguji dan menilai pengaruh live streaming, review produk, dan diskon terhadap minat beli konsumen pada platform e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan metode kuantitatif. Karena populasi penelitian tidak diketahui, rumus Lemeshow digunakan untuk menghitung ukuran sampel, yang berjumlah 100 responden. Pendekatan purposive sampling menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode non-probability sampling. Responden yang dipilih adalah pengguna setia Shopee di Kabupaten Lamongan. Survei daring, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, menggunakan pendekatan Partial Least Squares (PLS) untuk analisis data. Menurut hasil penelitian, live streaming, review produk, dan diskon secara signifikan meningkatkan kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian. Temuan menunjukkan bahwa rencana pemasaran yang kuat dapat dikembangkan untuk meningkatkan daya tarik Shopee di antara pelanggan dengan menggabungkan fitur live streaming interaktif, ulasan membangun kepercayaan, dan diskon sebagai insentif.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erna Pramidya Wardhani, Ika Purwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.