Transformasi Digital dalam E-Commerce: Live Streaming, Review Produk, dan Diskon terhadap Minat Beli Konsumen

Authors

  • Erna Pramidya Wardhani Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Ika Purwanti Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

10.33395/remik.v9i2.14381

Keywords:

Diskon, Live Streaming, Minat Beli, Review Produk, Shopee

Abstract

Dengan studi kasus pada pengguna Shopee di Kabupaten Lamongan, penelitian ini berupaya menguji dan menilai pengaruh live streaming, review produk, dan diskon terhadap minat beli konsumen pada platform e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan metode kuantitatif. Karena populasi penelitian tidak diketahui, rumus Lemeshow digunakan untuk menghitung ukuran sampel, yang berjumlah 100 responden. Pendekatan purposive sampling menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode non-probability sampling. Responden yang dipilih adalah pengguna setia Shopee di Kabupaten Lamongan. Survei daring, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, menggunakan pendekatan Partial Least Squares (PLS) untuk analisis data. Menurut hasil penelitian, live streaming, review produk, dan diskon secara signifikan meningkatkan kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian. Temuan menunjukkan bahwa rencana pemasaran yang kuat dapat dikembangkan untuk meningkatkan daya tarik Shopee di antara pelanggan dengan menggabungkan fitur live streaming interaktif, ulasan membangun kepercayaan, dan diskon sebagai insentif.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Wardhani, E. P., & Purwanti, I. (2025). Transformasi Digital dalam E-Commerce: Live Streaming, Review Produk, dan Diskon terhadap Minat Beli Konsumen . REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(2), 439-453. https://doi.org/10.33395/remik.v9i2.14381