Awarness Bonding Pelanggan Kedai Kopi dan Implikasinya terhadap Ketahanan Ekonomi di Kota Pangkalpinang
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14383Keywords:
awarness bonding, ketahanan ekonomi, konsumen, kedai kopiAbstract
Minimnya interaksi antara pelanggan dan pelayan kedai kopi akan menimbulkan kurangnya loyalitas konsumen, peneliti melakukan kajian riset ini untuk mengetahui tujuan secara menyeluruh terkait awarnes bonding terhadap kesetiaan pelanggan pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang serta implikasinya terhadap ketahanan ekonomi. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan diskusi kelompok terarah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara tidak terstruktur kepada para pelaku usaha kedai kopi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dipadukan dengan penelitian kepustakaan dan proses penggarapan yang digunakan meliputi analisis data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa kesetiaan pelanggan merupakan komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk secara konsisten pada masa yang akan datang, sehingga awarness bonding memiliki kontribusi utama dalam proses mengikat konsumen. Implikasi ketahanan ekonomi relevan dengan pendapatan asli daerah dari subsektor ekraf khususnya kedai kopi.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Padlun Fauzi, Tsulis Amiruddin Zahri, Diva Sindu Aji, Fajaliandra Fajaliandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.