Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Website SMKS Muhammadiyah 9 Jakarta Menggunakan Naive Bayes
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14411Keywords:
Kepuasan Pengguna, Naive Bayes, WebsiteAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen kepuasan pengguna terhadap website SMKS Muhammadiyah 9 Jakarta menggunakan metode Naive Bayes. Sentimen pengguna diambil dari yang dikumpulkan melalui survei online dan media sosial terkait. Data tersebut kemudian diproses dan dianalisis menggunakan IBM SPSS untuk mengidentifikasi pola sentimen kepuasan pengguna. Metode Naive Bayes dipilih karena keefektifannya dalam klasifikasi teks dan kemampuan untuk memberikan hasil yang akurat meskipun dengan data yang terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna memberikan sentimen positif terhadap website, namun terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi pengelola website dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengguna. Dengan dari penelitian ini adalah kepuasan pengguna dengan acuan nilai maksimum 40,00 dan label negatif dengan nilai minimal 25,00 dan keamanan website label positif dengan nilai maksimum 15,00 dan label negatif dengan nilai minimal 4,00.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risa Prayudhi, Aspari Aspari, Popon Rabia Adawia, Widiyastutik Retno Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.