Perencanaan Strategis Sistem Informasi untuk Peningkatan Layanan Pelanggan pada UMKM Seblak Kania

Authors

  • Aginda Noor Fadhillah Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Dimas Zulfahmi Universitas Multi Data Palembang
  • Rendy Pratama Universitas Multi Data Palembang
  • Muhamad Yusuf Rahmana Universitas Multi Data Palembang
  • Desy Iba Ricoida Universitas Multi Data Palembang

DOI:

10.33395/remik.v9i1.14471

Keywords:

Bisnis kuliner, Integrasi Teknologi Informasi, Metode Ward and Peppard, Perencanaan Strategis Sistem Informasi, UMKM Seblak Kania

Abstract

UMKM Seblak Kania, sebuah bisnis kuliner yang berkembang dengan cabang-cabang di Palembang, menghadapi tantangan dalam pencatatan pesanan, koordinasi antar cabang, dan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan merancang strategi sistem informasi yang diselaraskan dengan visi, misi, serta proses bisnis Seblak Kania untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Metode yang digunakan adalah Ward and Peppard, yang melibatkan analisis kebutuhan bisnis dan teknologi. Melalui pemetaan menggunakan McFarlan Strategic Grid, penelitian ini mengusulkan enam aplikasi tambahan, yaitu Sistem Informasi Kasir, Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku, Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan, Website Usaha, Sistem Informasi Penjadwalan Bahan Baku, dan Sistem Informasi Persediaan Menu. Implementasi aplikasi-aplikasi ini direncanakan dilaksanakan dalam kurun waktu tiga tahun (2024-2027) untuk meningkatkan kualitas layanan, mendukung integrasi teknologi informasi antar cabang, dan mendukung pencapaian visi serta misi usaha Seblak Kania.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Noor Fadhillah, A., Dimas Zulfahmi, M., Pratama, R., Yusuf Rahmana, M., & Iba Ricoida, D. (2025). Perencanaan Strategis Sistem Informasi untuk Peningkatan Layanan Pelanggan pada UMKM Seblak Kania. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(1), 326-334. https://doi.org/10.33395/remik.v9i1.14471