Perencanaan Strategis Sistem Informasi untuk Peningkatan Layanan Pelanggan pada UMKM Seblak Kania
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14471Keywords:
Bisnis kuliner, Integrasi Teknologi Informasi, Metode Ward and Peppard, Perencanaan Strategis Sistem Informasi, UMKM Seblak KaniaAbstract
UMKM Seblak Kania, sebuah bisnis kuliner yang berkembang dengan cabang-cabang di Palembang, menghadapi tantangan dalam pencatatan pesanan, koordinasi antar cabang, dan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan merancang strategi sistem informasi yang diselaraskan dengan visi, misi, serta proses bisnis Seblak Kania untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Metode yang digunakan adalah Ward and Peppard, yang melibatkan analisis kebutuhan bisnis dan teknologi. Melalui pemetaan menggunakan McFarlan Strategic Grid, penelitian ini mengusulkan enam aplikasi tambahan, yaitu Sistem Informasi Kasir, Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku, Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan, Website Usaha, Sistem Informasi Penjadwalan Bahan Baku, dan Sistem Informasi Persediaan Menu. Implementasi aplikasi-aplikasi ini direncanakan dilaksanakan dalam kurun waktu tiga tahun (2024-2027) untuk meningkatkan kualitas layanan, mendukung integrasi teknologi informasi antar cabang, dan mendukung pencapaian visi serta misi usaha Seblak Kania.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aginda Noor Fadhillah, Muhammad Dimas Zulfahmi, Rendy Pratama, Muhamad Yusuf Rahmana, Desy Iba Ricoida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.