Analisis Kemampuan Numerasi Mahasiswa Prodi Manajemen dalam Mata Kuliah Praktik Penganggaran Perusahaan
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14476Keywords:
analisis, kemampuan numerasi, mahasiswa, manajemenAbstract
Kemampuan numerasi memiliki hubungan yang sangat kuat dengan penyelesaian soal-soal matematika. Kemampuan numerasi diperlukan dalam semua jenjang pendidikan, bahkan semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi mahasiswa Prodi Manajemen dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah Praktik Penganggaran Perusahaan. Subjek penelitian adalah 15 orang mahasiswa pada mata kuliah tersebut. Data dikumpulkan menggunakan 3 butir tes uraian dan wawancara terbuka. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu mentranskrip data, kategorisasi, penyajian dan deskripsi kemampuan numerasi mahasiswa serta penarikan kesimpulan. Pengolahan data menunjukkan hasil bahwa secara umum, kemampuan numerasi mahasiswa masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 72,22. Kategori tinggi terdiri dari 5 mahasiswa, kategori sedang terdiri dari 8 mahasiswa, dan ketagori rendah terdiri dari 2 mahasiswa. Dalam dunia kerja yang semakin berbasis data, kemampuan ini menjadi salah satu kunci kesuksesan, terlepas dari latar belakang pendidikan atau profesi. Oleh karena itu, pengembangan kemampuan numerasi perlu menjadi perhatian bersama, mulai dari pendidikan formal hingga pembelajaran sepanjang hayat, agar setiap individu dapat berkontribusi secara efektif dalam masyarakat modern.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anton Kurniawan, Firmansyah, Pitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.