Analisis Kemampuan Numerasi Mahasiswa Prodi Manajemen dalam Mata Kuliah Praktik Penganggaran Perusahaan

Authors

  • Anton Kurniawan Universitas Sumatera Selatan
  • Firmansyah
  • Pitriani Universitas Tamansiswa Palembang

DOI:

10.33395/remik.v9i1.14476

Keywords:

analisis, kemampuan numerasi, mahasiswa, manajemen

Abstract

Kemampuan numerasi memiliki hubungan yang sangat kuat dengan penyelesaian soal-soal matematika. Kemampuan numerasi diperlukan dalam semua jenjang pendidikan, bahkan semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi mahasiswa Prodi Manajemen dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah Praktik Penganggaran Perusahaan. Subjek penelitian adalah 15 orang mahasiswa pada mata kuliah tersebut. Data dikumpulkan menggunakan 3 butir tes uraian dan wawancara terbuka. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu mentranskrip data, kategorisasi, penyajian dan deskripsi kemampuan numerasi mahasiswa serta penarikan kesimpulan. Pengolahan data menunjukkan hasil bahwa secara umum, kemampuan numerasi mahasiswa masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 72,22. Kategori tinggi terdiri dari 5 mahasiswa, kategori sedang terdiri dari 8 mahasiswa, dan ketagori rendah terdiri dari 2 mahasiswa. Dalam dunia kerja yang semakin berbasis data, kemampuan ini menjadi salah satu kunci kesuksesan, terlepas dari latar belakang pendidikan atau profesi. Oleh karena itu, pengembangan kemampuan numerasi perlu menjadi perhatian bersama, mulai dari pendidikan formal hingga pembelajaran sepanjang hayat, agar setiap individu dapat berkontribusi secara efektif dalam masyarakat modern.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Anton Kurniawan, Firmansyah, & Pitriani. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Mahasiswa Prodi Manajemen dalam Mata Kuliah Praktik Penganggaran Perusahaan. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(1), 305-316. https://doi.org/10.33395/remik.v9i1.14476