Peran Pengendalian Internal dalam Mengurangi Risiko Fraud Reservasi Kamar pada Adi Rama Beach Hotel
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14513Keywords:
Analisis Kualitatif, Fraud , Hotel, Pengendalian Internal, ReservasiAbstract
Adirama Beach Hotel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang akomodasi dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan maksimal. Meskipun demikian, hotel ini menghadapi tantangan yang signifikan terkait kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh karyawan. Masalah ini bukan hanya terjadi di Adirama Beach Hotel, tetapi juga ditemukan di beberapa hotel lainnya di Bali. Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh hotel ini adalah kesulitan dalam mengelola reservasi kamar dengan efisiensi, akurasi, dan transparansi yang baik. Dalam beberapa waktu terakhir, Adirama Beach Hotel juga mengalami kesulitan dalam menjaga keandalan, keterbukaan, dan keamanan data terkait proses reservasi kamar yang terjadi di hotel ini. Hal ini menunjukkan bahwa sistem yang ada saat ini rentan terhadap praktik fraud yang merugikan pihak hotel dan tamu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pengendalian internal sistem informasi akuntansi yang diterapkan oleh Adirama Beach Hotel dapat mendukung seluruh kegiatan manajerial dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif deskriptif, dengan fokus untuk menjelaskan bagaimana penerapan pengendalian internal yang baik dapat mengatasi kecurangan dalam pengelolaan reservasi kamar. Berdasarkan hasil audit internal yang dilakukan, terdapat beberapa kelemahan dalam sistem pengendalian yang diterapkan di hotel ini, seperti kurangnya pengawasan yang memadai terhadap proses reservasi, serta frekuensi audit yang rendah. Kelemahan-kelemahan ini memungkinkan terjadinya fraud yang merugikan perusahaan. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan peningkatan dalam pengawasan, pelatihan rutin bagi karyawan, serta penerapan teknologi yang lebih maju untuk mendukung sistem pengendalian internal yang lebih efektif. Dengan perbaikan tersebut, diharapkan Adirama Beach Hotel dapat meminimalisir risiko kecurangan, meningkatkan akurasi dalam pencatatan data reservasi, serta meningkatkan transparansi dan keamanan informasi yang ada. Pada akhirnya, perbaikan ini akan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam manajemen hotel dan membantu meningkatkan keuntungan perusahaan secara keseluruhan.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siluh Made Ayu Anisa Putri, I Gede Putu Krisna Juliharta, I Made Dwi Hita Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.