Penggunaan Algoritma K-means dalam Menentukan Karakter Game Zenless Zone Zero
DOI:
10.33395/remik.v9i1.14540Keywords:
Algoritma K-means, Game, KarakterAbstract
Permainan “Zenless Zone Zero” adalah permainan Role Playing (RPG) aksi fantasi bertemakan perkotaan yang di kembangkan oleh perusahaan asal Tiongkok yaitu MiHoYo dan diterbitkan secara global oleh Cognosphere paada tahun 2 Juli 2024. Didalam permainan in terdapat berbagai macam agent yang dapat direkrut dengan karakteristik serta kekuatan yang unik dari setiap agent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rincian-rincian dari setiap agent dengan melakukan pengelompokan para agent mengunakan algoritma K-Means Clustering dimana pengelompokan dibagi menjadi tiga ketegori pada kategori pertama diiisi oleh agent-agent dengan nilai atribut yang rendah, ketgori kedua diisi oleh agent-agent dengan nilai atribut sedang dan kategori ketiga diisi oleh agent dengan nilai atribut tinggi adalah menentukan centroid awal secara acak kemudian dilakukan iterasi pertama serta menentukan centroid baru yang didapatkan dari iterasi pertama, kemudian dilanjut ke iterasi kedua dengan centroid baru yang didapat dari hasil iterasi pertama dikarenakan pada iterasi kedua terjadi perpindahan data maka peerhitungan dilanjutkan ke iterasi ketiga dengan centroid yang didapat dari hasil iterasi kedua hasil pada iterasi ketiga tidak terjadi perpindahan data maka perhitungan dihentikan. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan data atribut dari setiap agent. Dengan ini dapat membantu pemain dalam menentukan prioritas pengembangan dari para agent yang sudah mereka rekrut untuk mendapatkan peforma agent yang maksimal.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Linda Maulida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.