Manajemen Strategi Teknologi Informasi dalam Rangka Mengembangkan Layanan Hotel Bina Darma Palembang

Authors

  • Zena lusi , Institut Teknologi dan Bisnis Nasional Banyuasin
  • Sela Taramita Institut Teknologi dan Bisnis Nasional

DOI:

10.33395/remik.v9i1.14577

Keywords:

Layanan TI, Manajemen Strategi, Teknologi Informasi

Abstract

Tujuan penelitian ini menjamin bahwa layanan TI yang disediakan dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Perkembangan teknologi informasi (TI) di tengah persaingan bisnis yang ketat memiliki dampak signifikan bagi perusahaan, termasuk Hotel Bina Darma Palembang. Sebagai bisnis baru yang didirikan oleh Universitas Bina, hotel ini bertujuan untuk menyediakan layanan terbaik dengan harga kompetitif demi kepuasan pelanggan. Untuk mencapai visi dan misi tersebut, layanan berbasis TI yang berkualitas sangat diperlukan. Saat ini, Hotel Bina Darma telah menggunakan sistem Local Harris untuk pengelolaan data tamu dan laporan keuangan, yang masih berbasis desktop dan belum memiliki standar manajemen layanan TI yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan Information Technology Service Management (ITSM) untuk meningkatkan kualitas layanan TI. Dalam penelitian ini, kerangka kerja ITIL Versi 3 diterapkan, yang mencakup lima proses utama: service strategy, service design, service transition, service operation, dan continual service improvement. Metodologi pengumpulan data melalui observasi dan wawancara digunakan untuk menganalisis kondisi layanan TI yang ada. Hasil analisis ini diharapkan dapat menghasilkan perancangan manajemen strategi TI yang mencakup service strategy dan service design, dengan fokus pada penyusunan service catalog. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan TI di Hotel Bina Darma Palembang agar dapat bersaing lebih baik di industri perhotelan

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

lusi, Z., & Taramita, S. . (2025). Manajemen Strategi Teknologi Informasi dalam Rangka Mengembangkan Layanan Hotel Bina Darma Palembang . REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(1), 415-428. https://doi.org/10.33395/remik.v9i1.14577