Analisis Sentimen User Experience Menggunakan Naive Bayes dan Design Thinking pada Aplikasi SIPT
DOI:
10.33395/remik.v9i2.14712Keywords:
Analisis Sentimen, Design Thinking, Naive BayesAbstract
Sistem Informasi Perguruan Tinggi Universitas Buana Perjuangan Karawang (SIPT UBP Karawang) merupakan aplikasi yang dirancang untuk mempermudah mahasiswa dalam mengelola administrasi akademik, seperti melihat nilai, pembayaran UKT, dan informasi perkuliahan. Berdasarkan pengalaman pengguna ditemukan permasalahan pada tampilan antarmuka, khususnya halaman dashboard yang dinilai kurang intuitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi SIPT UBP Karawang menggunakan algoritma Naive Bayes, serta merancang solusi perbaikan antarmuka dengan pendekatan Design Thinking. Data yang dikumpulkan sebanyak 502 komentar pengguna aplikasi, setelah tahap preprocessing menjadi 406 data set komentar aplikasi. Hasil dari klasifikasi sentimen terdapat 236 sentimen positif dan 170 sentimen negatif. Visualisasi WordCloud pada komentar negatif menunjukan kata “dashboard” paling sering muncul, mengindikasikan titik masalah utama pada antarmuka. Proses klasifikasi menggunakan algoritma Naive Bayes menghasilkan akurasi sebesar 0.89% . Tampilan antarmuka didesain ulang agar lebih ramah pengguna menggunakan metode Design Thinking. Pengujian dilakukan menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS), dan teknik Usability Testing. Skor rata-rata yang diperoleh adalah 81, jadi termasuk nilai A atau predikat sangat bagus. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil klasifikasi sentimen dengan metode Naive Bayes dan pendekatan Design Thinking efektif dalam melakukan identifikasi masalah dan menghasilkan solusi desain yang meningkatkan kepuasan pengguna terhadap aplikasi SIPT UBP Karawang.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Helmi Fauzi, Baenil Huda, Elfina Novalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.