Implementasi Metode Rapid Aplication Development (RAD) Pada Pengembangan Program Game Platformer 2D “Math Pirate” Berbasis Website
DOI:
10.33395/remik.v9i2.14714Keywords:
Game “Math Pirate”, Metode RAD, Pengembangan ProgramAbstract
Game adalah salah-satu hiburan yang digandrungi oleh berbagai macam kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Upaya meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur pendidikan diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. “Math Pirate” merupakan game platformer 2D yang dikembangkan dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam proses pembelajaran matematika, dan menghilangkan rasa jenuh dan takut bagi anak-anak untuk belajar matematika. Game edukasi ini sangat berguna dibidang pendidikan khususnya matematika. Penulis memilih anak berusia 6 tahun sampai 9 tahun sebagai pengguna dalam game edukasi ini, karena akan lebih efektif jika mulai belajar matematika dari kecil karena di usia itulah anak-anak bisa dengan mudah mengingat dalam belajar menghitung. Pengembangan program menggunakan metode rapid aplication development (RAD). Metode ini menekankan pada proses pembuatan aplikasi berdasarkan pembuatan prototipe, iterasi, dan feedback yang berulang-ulang. Sehingga memungkinkan aplikasi yang dibuat bisa dikembangkan dan diperbaiki dengan cepat. Sedangkan pembuatan aplikasi game menggunakan game engine Godot dan bahasa pemrograman GDScript, game ini menggabungkan elemen-elemen seperti pertempuran, dan pengumpulan harta dalam berbagai tingkat kesulitan. Game ini menggunakan personal komputer atau PC, Dekstop hingga Laptop. Cara bermain game ini adalah dengan menggunakan kontrol pada keyboard yang ada pada Komputer/Laptop. Dalam game ini, pemain mengontrol karakter untuk melewati rintangan dan mendapatkan harta. Penerapan game “Math Pirate” diharapkan dapat mengatasi masalah kebosanan dalam bermain game ini dan tidak takut untuk belajar matematika, dengan harapan semangat anak untuk belajar matematika akan lebih terpacu dan meningkatkan kualitas belajar anak.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susi Susilowati, Muhamad Ageng Irwanto, Apriyanto Apriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.