Sistem Informasi Akreditasi Internal Program Studi Menggunakan Design Thingking
DOI:
10.33395/remik.v9i2.14749Keywords:
Akreditasi, Design Thinking, Identifikasi, Program studi, User-centeredAbstract
Nilai akreditasi program studi pada suatu perguruan tinggi sangat berpengaruh pada minat dari mahasiswa untuk menempuh ilmu pada perguruan tinggi tersebut, untuk itu perlu adanya langkah awal yang harus yang harus dilakukan program studi untuk melakukan identifikasi awal pada kinerja program studi guna mengukur kualitas pada program studi tersebut secara akurat, terstruktur dan efisien yang sebelumnya masih menggunakan cara yang manual dengan menggunakan instrumen yang sudah ada difile exel seperti pada umumnya, dengan identifiaksi awal dengan melakukan akreditasi internal program studi maka prodi bisa mengetahui nilai atau kualitas dari prodi tersebut sebelum mengajukan akreditasi program studi pada lembaga akreditasi yang berwenang yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking sebuat metode iteratif dan berpusat kepada pengguna (user-centered), yang bertujuan untuk mengidentifikasi sebuah kebutuhan nyata dari pengguna dan merancang solusi teknologi yang tepat guna metode ini sangat relevan dengan konteks pengembangan sistem informasi akreditasi karena melibatkan beberapa pemangku kepentingan seperti pengelola program studi, lembaga penjaminan mutu dan dosen. Hasil akhir yang diharapkan pada penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi akreditasi internal yang sudah sesuai dengan kebutuhan program studi dan sudah teritegerasi juga dengan pemangku kepentingan seperti lembaga penjaminan mutu, dosen dan program studi.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ferdinan Jufri Maleke, Dolly Ramly Wohon, Gabriel Megfaden Kenisa Baali, Gabriel Gabriel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.