Sistem Informasi Manajemen Pemasaran untuk Order Pelanggan Berbasis Web

Authors

  • Alifian Yuliarsono Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Muhammad Iqbal Hanafri Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Laras Amelia Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

DOI:

10.33395/remik.v9i4.15288

Keywords:

Data Order, Order Pelanggan, Sistem Informasi Manajemen

Abstract

Perusahaan tempat penelitian ini dilaksanakan,belum memiliki sistem yang terkomputerisasi dalam proses bisnis, terutama dalam pengelolaan data order pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah mempermudah pelanggan melakukan order, mempermudah karyawan melakukan pencarian data order tersebut, dan mempermudah karyawan dalam mengirim data-data yang perlu dilaporkan ke pimpinan perusahaan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan Data menggunakan Metode Observasi, Metode Wawancara, Literature Review. Penelitian ini menggunakan PHP dan MySQL sebagai basis data. Peneliti menerapkan OOAD (Object Oriented Analysis and Design) yang menganalisis dan mendesain sistem dengan pendekatan berorientasi objek, dan analisis dilakukan dengan empat jenis diagram UML yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram. Metode pengembangan dalam pembuatan perancangan berbasis web menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle).
Sistem Informasi yang telah disusun hasil penelitian ini, diharapkan lebih efektif dan efisien yang mudah digunakan oleh pengguna. Sistem tersebut dapat menyajikan data yang penting dalam perusahaan secara terkomputerisasi dan juga berbasis online, sehingga data tersebut dapat diakses oleh karyawan dimana saja dan kapan saja.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Yuliarsono, A., Hanafri, M. I., & Amelia, L. (2025). Sistem Informasi Manajemen Pemasaran untuk Order Pelanggan Berbasis Web. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(4), 1223-1232. https://doi.org/10.33395/remik.v9i4.15288