Pengaruh Affiliate Marketing dan Customer Engagement terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok

Authors

  • Mila Amri Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Fitriyya Qodariyyah Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Rosana Junita Sirait Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global

DOI:

10.33395/remik.v9i4.15356

Keywords:

Affiliate Marketing, Customer Engagement, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini menelaah sejauh mana pemasaran afiliasi di TikTok menarik perhatian dari berbagai pihak dan menyelidiki bagaimana Affiliate Marketing mempengaruhi daya beli produk dalam mengahasilkan keputusan pembelian serta bagaimana keterlibatan pelanggan mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen pada produk yang dipasarkan. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam mengenai hubungan antara kedua variabel yaitu Affiliate Marketing bersama Customer Engagement pada Keputusan Pembelian. Metode kuantitatif digunakan pada penelitian ini sebagai upaya mengukur pengaruh Affiliate Marketing dan Customer Engagement pada keputusan pembelian melalui TikTok secara statistik. Pengolahan data menggunakan Analisa Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS 29 menunjukkan hasil variabel Affiliate Marketing (X1) dengan Customer Engagement (X2) mempengaruhi secara simultan atau bersamaan keputusan pembelian (Y) di TikTok. Hal ini terbukti  dari pengujian F dengan nilai 55.013 (Fhitung) > 3.087 (Ftabel) dengan signifikansi 0,00 berada di bawah 0,05. Dan secara parsial Affiliate Marketing (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), dibuktikan dari nilai 3,769 (thitung) > 1,984 (ttabel) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 pada uji t. Sementara itu, Customer Engagement (X2) memperoleh nilai 6,622 (thitung) > 1,984 (ttabel) serta batas signifikansi 0,00 < 0,05 pada uji t, yang berarti juga secara parsial Customer Engagement (X2) mempengaruhi keputusan pembelian (Y). Sehingga dapat disimpulkan Affiliate Marketing dan Customer Engagement mempengaruhi Keputusan Pembelian di TikTok secara simultan dan parsial.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Amri, M., Qodariyyah, F. ., & Sirait, R. J. . (2025). Pengaruh Affiliate Marketing dan Customer Engagement terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(4), 1276-1286. https://doi.org/10.33395/remik.v9i4.15356