Penilaian Kepuasan Pengguna Aplikasi JKN Mobile Terhadap Kualitas Layanan Kesehatan Digital di Kelurahan Pulogadung Dengan Pendekatan EUCS
DOI:
10.33395/remik.v9i4.15363Keywords:
EUCS, JKN Mobile, Kepuasan PenggunaAbstract
Perkembangan teknologi digital dalam sektor kesehatan mendorong penyedia layanan umum untuk menawarkan solusi yang lebih efisien dan lebih mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu inovasi yang muncul adalah Aplikasi JKN Mobile yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah orang dalam mengakses layanan kesehatan secara online. Namun, keberhasilan penggunaan aplikasi sangat bergantung pada kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa puas pengguna Aplikasi JKN Mobile dalam menerima layanan kesehatan digital di Kelurahan Pulogadung dengan menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). EUCS meliputi lima elemen: konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Dalam studi ini, metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, di mana kuesioner disebarkan kepada 80 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data menunjukkan semua elemen berada dalam kategori "puas," dengan nilai rata-rata konten (3,98), akurasi (3,85), format (3,86), kemudahan penggunaan (3,93), dan ketepatan waktu (3,83). Instrumen penelitian telah diuji untuk memastikan validitas dan reliabilitas, dan dinyatakan layak untuk digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, Aplikasi JKN Mobile memenuhi harapan pengguna, meskipun masih ada kemungkinan untuk perbaikan, terutama dalam aspek format dan ketepatan waktu.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andhika Adriandra Napiun, Ahmad Rais Ruli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.