Dampak Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kinerja Perusahaan di Tiga Segmen (Keuangan, Pemasaran dan Operasional)

Authors

  • Nicholas Fernandes Universitas Internasional Batam
  • Jenny Lim Universitas Internasional Batam
  • Raymond Universitas Internasional Batam
  • Thomas Eddison Universitas Internasional Batam
  • Golan Hasan Universitas Internasional Batam

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12431

Keywords:

CRM, Kinerja Keuangan, Kinerja Operasional, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penerapan CRM modern sebagai salah satu business intelligence berhasil menjadi faktor sumber daya lain yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan yang diamati adalah kinerja keuangan, kinerja pemasaran, dan kinerja operasional. Kajian ini menggunakan tinjauan literatur yang menganalisis dan mengelaborasi hasil literatur, buku, dan penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode literature review dan menganalisis sekitar dua puluh jurnal sebelumnya, didukung oleh beberapa literatur dan buku. Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan penerapan CRM secara efektif dan efisien akan meningkatkan kinerja perusahaan secara signifikan, khususnya kinerja keuangan, pemasaran, atau operasional. Dari semua jurnal yang diamati sebelumnya, jurnal yang paling dominan adalah tentang pengaruh signifikan CRM terhadap pemasaran dan kinerja keuangan.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Fernandes, N., Lim, J., Raymond, Eddison, T., & Hasan, G. . (2023). Dampak Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kinerja Perusahaan di Tiga Segmen (Keuangan, Pemasaran dan Operasional). Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 453-460. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12431

Most read articles by the same author(s)