Analisa Penerapan Manajemen Hubungan Pelanggan Pada UMKM MM. Gemini di Kota Batam

Authors

  • Golan Hasan Universitas Internasional Batam
  • Jenny Lim Universitas Internasional Batam
  • Nicholas Fernandes Universitas Internasional Batam
  • Raymond Universitas Internasional Batam
  • Thomas Eddison Universitas Internasional Batam

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12506

Keywords:

analisa, hubungan pelanggan, kota batam, manajemen, umkm

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penerapan manajemen hubungan pelanggan pada UMKM MM. Gemini di Kota Batam dengan menggunakan metode literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang bagaimana UMKM MM. Gemini dapat menerapkan konsep dan praktik manajemen hubungan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan, serta mempertahankan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode literatur, di mana data dan informasi diperoleh melalui studi dan analisis pustaka yang relevan dengan topik penelitian. Temuan riset mengindikasikan bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)UMKM MM. Gemini dapat menerapkan manajemen hubungan pelanggan dengan sukses dengan mengadopsi beberapa konsep dan praktik yang terbukti efektif. Konsep-konsep yang relevan termasuk pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan, personalisasi pelayanan, komunikasi dua arah, pemeliharaan hubungan jangka panjang, serta penggunaan teknologi untuk memfasilitasi interaksi dengan pelanggan. Dengan menerapkan praktik-praktik ini, UMKM MM. Gemini dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka, dan memperoleh loyalitas yang tinggi.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Hasan, G. ., Lim, J., Fernandes, N., Raymond, & Eddison, T. (2023). Analisa Penerapan Manajemen Hubungan Pelanggan Pada UMKM MM. Gemini di Kota Batam. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 747-752. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12506

Most read articles by the same author(s)