Arti Pentingnya Etika dan Tanggung Jawab Sosial Di Perusahaan Dalam Menghadapi Bisnis Internasional

Authors

  • Nughraini Hidayana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Hendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13283

Abstract

Bisnis internasional terjadi karena negara tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhannya, mendorong kerja sama antar negara. Penelitian ini fokus pada peran etika dan tanggung jawab sosial dalam bisnis global dengan pendekatan kualitatif, menggambarkan bagaimana hal tersebut berperan dalam mengembangkan citra perusahaan. Dilakukan dalam metode analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi literatur dari sumber seperti jurnal ilmiah. Hasilnya menunjukkan bahwa etika dan tanggung jawab sosial penting untuk citra dan pertumbuhan bisnis, dan bahwa perilaku etis dalam bisnis sangat penting untuk keberlangsungan jangka panjang. Etika bisnis bukan hanya tentang hukum, tetapi juga tentang standar moral yang lebih tinggi. Islam juga memberikan contoh tentang etika bisnis melalui ajaran Rasulullah SAW. Overall, etika bisnis merupakan upaya merumuskan dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam hubungan ekonomi manusia. Di tengah globalisasi, bisnis internasional semakin rumit, memunculkan perlunya memprioritaskan etika, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini mengeksplorasi peran masing-masing aspek tersebut dalam konteks bisnis internasional.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Hidayana, N., & Hendra, H. (2023). Arti Pentingnya Etika dan Tanggung Jawab Sosial Di Perusahaan Dalam Menghadapi Bisnis Internasional. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2406-2412. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13283

Most read articles by the same author(s)