Evaluasi Bisnis Internasional Di Indonesia
DOI:
10.33395/jmp.v12i2.13298Abstract
Bisnis Internasional adalah aktivitas bisnis yang terjadi di luar batas negara. Definisinya mencakup tidak hanya perdagangan dan produksi di luar negeri, tetapi juga industri jasa seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar, dan komunikasi massa. Sementara itu, pemasaran internasional berfokus pada upaya memasarkan produk di pasar global melalui transaksi bisnis dengan negara lain, perusahaan lain, atau masyarakat umum di luar negeri. Perdagangan internasional melibatkan ekspor dan impor, membentuk neraca perdagangan antar negara. Tahapan bisnis internasional mencakup ekspor insidentil, ekspor aktif, penjualan lisensi, franchising, pemasaran di luar negeri, serta produksi dan pemasaran di luar negeri. Hambatan yang dihadapi termasuk perbedaan mata uang, kualitas sumber daya rendah, kesulitan dan risiko pembayaran antarnegara, kebijakan impor, potensi perang, dan keberadaan organisasi ekonomi regional.