Metode Design Thinking Dalam Design UI/UX Web Profile Maka Studio Berbasis Prototype
DOI:
10.33395/jmp.v14i2.15063Keywords:
Design Thinking, Maka Studio, Prototipe, Website, UI/UXAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong pelaku industri kreatif, termasuk jasa fotografi, untuk memanfaatkan media daring sebagai sarana promosi dan komunikasi. Maka Studio, sebagai penyedia layanan fotografi profesional, membutuhkan website yang mampu menyampaikan informasi dengan baik sekaligus memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) website Maka Studio dengan pendekatan design thinking. Metode ini terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test, yang secara sistematis diterapkan dalam proses perancangan. Pengumpulan kebutuhan pengguna dilakukan melalui observasi dan wawancara, yang kemudian dirumuskan menjadi masalah utama terkait navigasi dan kejelasan informasi. Dari tahapan ideate, lahir berbagai solusi desain yang divisualisasikan dalam bentuk prototipe menggunakan aplikasi Figma. Hasil pengujian terhadap prototipe menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa terbantu dalam menemukan informasi dan menyelesaikan tugas dengan mudah. Proses navigasi, visual, dan struktur informasi dinilai efektif dan intuitif. Dengan demikian, pendekatan design thinking terbukti dapat digunakan sebagai metode perancangan UI/UX yang berorientasi pada pengguna dan dapat meningkatkan efektivitas website sebagai media promosi jasa fotografi.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prayoga Ramadhan, Sri Wahyuni, Sri Wahyuni, Randi Rian Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.