USAP (Uangin Sampah) : Desain Prototipe Pengguna Aplikasi Android Untuk Pengelolahan Sampah Sisa Makanan
DOI:
10.33395/jmp.v14i2.15089Keywords:
Desain UI/UX, Sampah Sisa Makanan, Maggot, Aplikasi AndroidAbstract
Tingginya volume sampah sisa makanan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Deli Serdang (84.298 ton/tahun), menimbulkan masalah lingkungan serius akibat emisi gas metana dari pembusukan di TPA yang mencapai 7,29% total emisi gas rumah kaca nasional. Di sisi lain, potensi maggot Black Soldier Fly (BSF) sebagai dekomposer organik yang efisien mampu mengurai 56% limbah dan menghasilkan produk bernilai ekonomi (larva pakan ternak, pupuk cair, residu kering sebagai bahan pupuk padat) namun belum terhubung optimal dengan pasokan sampah rumah tangga akibat kurangnya platform digital yang efisien dan rendahnya literasi masyarakat. Penelitian ini merancang prototipe aplikasi Android 'USAP' berbasis metode Design Thinking (Empathize, Define, Ideate, Prototype, Test) sebagai jembatan digital antara rumah tangga dan industri maggot. Menggunakan perangkat lunak Figma, dihasilkan prototipe high-fidelity interaktif dengan tiga fitur inti: (1) Penjualan sampah sisa makanan melalui sistem penjemputan terjadwal, (2) Pasar produk maggot (larva, telur, maggot box) untuk perluasan distribusi, dan (3) Modul edukasi pengelolaan limbah organik mandiri. Evaluasi desain melalui kuesioner System Usability Scale (SUS) terhadap 20 responden mengonfirmasi kemudahan operasional dengan skor rata-rata 82,88 berkategori "Excellent". Solusi ini berpotensi menciptakan ekonomi sirkuler berbasis limbah organik, mengurangi sampah sisa makanan yang terbuang sia-sia di Kabupaten Deli Serdang, sekaligus memberdayakan masyarakat melalui insentif ekonomi dengan cara menjual sampah sisa makanan.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abiyyu Ardani, Sri Wahyuni, Randi Rian Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.