Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada PT. Marada Kelor Sumba

Authors

  • Adesiska Saputri Anjelita Malo Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Tumpal Pangihutan Situmorang Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13119

Keywords:

Bauran pemasaran (7P), Penjualan, PT. Marada Kelor Sumba

Abstract

Perubahan dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, menimbulkan persaingan antar pelaku bisnis. Maka dari itu, mereka dituntut untuk memiliki strategi yang tepat untuk mempertahankan usaha yang dimiliki. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah bauran pemasaran atau marketing mix. Objek dalam penelitian ini adalah PT. Marada Kelor Sumba yang beralamat di Kelurahan Temu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan bauran pemasaaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, physical evidence, people, process) dalam meningkatkan penjualan pada PT. Marada Kelor Sumba dan pasca pandemi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode berfikir induktif, yaitu informasi yang berkaitan dengan bauran pemasaran pada PT. Marada Kelor Sumba. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT. Marada Kelor Sumba sudah berjalan dengan baik dalam meningkatkan penjualan melalui aspek 7P yaitu: Aspek produk, dengan memanfaatkan peluang bisnis, PT. Marada Kelor Sumba mampu mengelolah daun kelor menjadi produk minuman herbal yaitu teh celup dan bubuk kelor. Aspek harga, PT. Marada Kelor Sumba menetapkan harga yang cukup terjangkau, karena sasaran pasarnya adalah semua usia, mulai dari ibu hamil, balita sampai orang dewasa. Aspek tempat/saluran distribusi, penjualan yang dilakukan oleh PT. Marada Kelor Sumba sudah berkembang dan meluas keberbagai daerah dan provinsi. Aspek promosi, PT. Marada Kelor Sumba sudah menggunakan system pemasaran yang lebih maju, yaitu dengan memanfaatkan sosial media seperti, Facebook dan WhatsApp. Aspek orang/karyawan, karyawan yang ada pada PT. Marada Kelor Sumba sudah membantu dalam berkontribusi untuk menghasilkan produk minuman herbal yaitu teh celup dan bubuk kelor. Aspek proses, PT. Marada Kelor Sumba sudah melakukan seluruh serangkaian aktivitas, mulai dari kegiatan produksi yang menghasilkan produk minuman herbal, sampai pada menawarkan produk kepada konsumen. Aspek bukti fisik, PT. Marada Kelor Sumba sudah memberikan kenyamanan bagi konsumen. Mulai dari memiliki tempat produksi yang bersih dan menyediakan fasilitas seperti tempat parkir.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Malo, A. S. A., & Situmorang, T. P. (2023). Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada PT. Marada Kelor Sumba. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 1979-1989. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13119

Most read articles by the same author(s)